MENGENAL PENGOBATAN INFLUENZA DARI TINJAUAN MEDIS DAN SYARI’AH

Oleh : Ns. Liza Novitasari Wijaya, M.Kep

Influenza merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan disebabkan oleh virus influenza dengan berbagai tipe dan dapat ditularkan melalui udara. Influenza menyerang berbagai kelompok umur mulai dari usia bayi hingga lansia. Penyakit ini mengalami peningkatan terutama ketika memasuki musim hujan.

Flu musiman memiliki masa inkubasi 1-4 hari (rata-rata 2 hari). Penularan dapat terjadi dengan mudah melalui droplet saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah lebih rentan untuk tertular flu sehingga penting untuk menjaga fisik dan mengobati gejala flu sedari awal.

Pengabdian masyarakat STIKes Madani bekerja sama dengan Yayasan Garasi Dakwah melakukan promosi kesehatan dengan tema mengenal pengobatan influenza dari tinjuan medis dan syari’ah. Pengobatan ini dapat dilakukan secara mandiri salah satunya adalah membersihkan tangan, mulut dan hidung yang dapat dilakukan dalam wudhu.

Wudhu dari segi kesehatan memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengerjakannya. Sebagian besar proses pembersihan dalam wudhu mengenai kulit dan jika dilakukan secara benar dapat membantu proses penyembuhan flu sesuai seperti perilaku hidup bersih sehat. Selain itu terdapat beberapa pengobatan herbal yang juga dianjurkan dalam syariat salah satunya mengkonsumsi madu. Madu telah dijelaskan dalam Al-qur’an bahwa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Masyarakat mengikuti kegiatan dengan antusias, beberapa diantaranya mengajukan pertanyaan terkait kebenaran beberapa pengobatan mandiri yang pernah dilakukan di rumah. Selain promosi kesehatan juga dilakukan senam lansia, pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 50 lansia perempuan yang tinggal di wilayah Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman dan beberapa mahasiswa STIKes Madani. Bekerja sama dengan Yayasan Garasi Dakwah, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesehatan dan kesejahteraan lansia yang rutin dilaksanakan dua bulan sekali pada pekan ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *