Pengabmas Kelompok di Ponpes Al Ukhuwah Sukoharjo

Sabtu, 30 Juli 2022. Tim dosen Prodi D III Kebidanan dibantu oleh 2 mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan menggugurkan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus sebagai program tambahan LPPM yang bekerjasama dengan tim humas untuk silaturahmi ke beberapa pondok pesantren salaf di area Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pondok pesantren Al-Ukhuwah ini merupakan Ponpes ke 4 yang kami datangi di tahun 2022. Tim dosen yang terlibat dalam kegiatan adalah  Nining Sulistyawati, S.ST., M.Kes dan Endah Tri Wahyuni, S.ST., M.Kes, beserta mahasiswa atas nama Laily Nur Dawolo dan Imroatul Ilma.. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut  “Meningkatkan Status Kesehatan Reproduksi Santri Putri Menuju  Generasi Berencana yang Sehat”.

Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Sifat khas remaja mempunyai rasa keingintahuan yang besar, menyukai petualangan dan tantangan serta cenderung berani menanggung resiko atas perbuatannya tanpa didahului oleh pertimbangan yang matang. Untuk mengontrol sikap dan mengarahkan perilaku, tim dosen  mencoba memberika edukasi tentang bagaimana mengelola masa remaja agar menjadi  remaja yang sehat fisik maupun psikisnya terutama sehat diarea kesehatan reproduksi. Disamping itu, tim dosen juga mengajarkan kepada para santri tentang  SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Hal ini dimaksudkan agar santri bisa rutin mengaplikasikan pemeriksaan Sadari sebagai skrining awal Ca Mamae.

Kegiatan berlangsung secara kondusif, ditandai semangatnya para santri saat mendapatkan edukasi. Selain itu ada lebih dari 10 pertanyaan yang membuat suasana kegiatan semakin hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.