WORKSHOP PENILAIAN KINERJA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT RABU, 22 FEBRUARI 2017 DI KOTA SEMARANG

Ketua LPPM STIKes Madani Yogyakarta

               

Berdasarkan undangan dari DP2M RIstekdikti STIKes Madani Yogyakarta diundang untuk mengikuti Workhsop Penilaian Borang Kinerja Penelitian Pengabmas yang diselenggarakan di Kota Semarang, STIKes Madani mengirim 2 orang perwakilan ketua LPPM dan Wakil Ketua 1. Pemateri menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi wajib melaporkan kinerja pengabdian kepada masyarakat pada aplikasi kinerja_abdimas simlitabmas ristekdikti yang telah disediakan.  Semua dilaporkan, termasuk dana dari non DRPM.Berbagai aspek yang meliputi input, proses maupun output harus dilaporkan yang meliputi Sumber Daya Manusia, Manajemen/proses pengabdian masyarakat, Revenue Gathering (Nilai tambah/ekonomi dari hasil pengabdian masyarakat) yang sesuai standar nasional pengabdian kepada masyarakat. Upaya penilaian oleh DRPM Kemenristek Dikti  dilakukan sebagai dasar untuk mengelompokkan ke dalam kluster pengabdian kepada masyarakat, konsekuensi dari kluster ini adalah pendanaan. Perguruan tinggi punya hak keistimewaan karena mempunyai otonomi yang luas/penuh dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Pengelolaan perguruan tinggi harus Sesuai standar nasional pendidikan tinggi.

Dasar hukum untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah sangat banyak Mulai dari Undang-undang 12, permenristek dikti no 44. Pengabdian kepada masyarakat adalah bagaimana produk/hasil penelitian dapat di difusikan/tersampaikan  kepada masyarakat.    berupa hasil penelitian yang sudah bersifat hilir bisa digunakan kepada masyarakat seperti teknologi tepat guna, kebijakan, sistem, publikasi, paten, model, prototype.

Sesuai dengan standar nasional pengabdian kepada masyarakat standarnya perguruan tinggi harus punya renstra penelitian dan pengabmas,  rencana tersebut terlaksana baik apabila disertai dengan input berupa dosen, dosen dengan gelar akademik doktor lebih bagus dari pada S2, dosen dengan jabatan fungsional Profesor lebih bagus dari lektor. Dari aspek Sarana Prasarana harus punya, Perguruan tinggi harus menyediakan sumber daya finasial pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Semua standar kita nilai di borang-borang kinerja kepada masyarakat, standar hasil dari pengabdian masyarakat  sesuatu yang bisa terukur. Hasil kegiatan pengabmas dapat dilihat dari dua aspek yaitu masyarakat sasaran seperti produk, peningkatan omzet, manajemen proses, pemasaran  dan aspek dosen yang melaksanakan seperti publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat, penerbitan Buku. Publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan di beberapa jurnal abdimas seperti  Abdimas, Dianmas sudah sudah OJS.

Kegiatan pengabmas dimulai dengan observasi lingkungan di masyarakat berbasis penelitian, hasil penelitian atau  luaran teknologi tepat guna tapi yang ada keunikan. Tugas ketua LPPM wajib monitoring dan evaluasi  ke lapangan harus dilakukan langsung oleh ketua lppm (wajib) sebelum monev eksternal dari kemenristek dikti. Kegiatan KKN : Artikel, Poster, Draft Buku. Ada sesi laporan  Keterlibatan PEMDA, Mitra harus berbadan hokum. Sunatan masal dan pengobatan gratis, outputnya berupa artikel/Poster pengabdian kepada masyarakat ttg suatu kegiatan. Artikelnya judulnya berbeda dengan poster. Klinik kesehatan  ada SK ketua STIKes bukti keterlibatan dalam mengelola unit usaha tersebut. Demikian catatan singkat kegiatan workshop penilaian borang penialian kinerja pengabdian masuyarakat yang dapat kami sampaiakan, semoga bermanfaat.

Author: lppm

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *